Cara mudah menyimpan gula merah agar tahan lama - Gula Merah Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara menyimpan gula merah yang benar, sehingga seringkali / terkadang merasa bingung saat akan menyimpan gula merah, lantaran teksturnya yang sangat mudah meleleh. Namun, bagaimanakah cara menyimpan gula merah yang benar? Perlu Anda tahu, bahwa di dalam gula merah terdapat banyak kelembaban sehingga Anda tidak dapat dengan sembarangan menyimpannya.

Menyimpan makanan dalam waktu lama biasanya bisa dihinggapi jamur, ternyata ada cara yang bisa membuat gula merah awet saat disimpan lama. Untuk membuat gula merah jadi awet, ada baiknya tempatkan gula ditempat yang jauh dari air atau lembab.

Siapa yang tak kenal gula? Bahan makanan yang satu ini memang terkenal memiliki rasa dasar yang sangat manis, maka tak pelak gula sering sekali di gunakan sebagai salah satu bahan pemanis makanan, baik itu gula pasir maupun gula merah/aren mempunyai rasa yang sama tetapi hanya kandungannya saja yang berbeda.

Gula sendiri tak kadang membuat sebagian orang bermasalah, apalagi jika bukan teknik penyimpanannya yang merepotkan. Sudah bukan rahasia lagi jika yang namanya ada Gula maka ada semut, maka hal itulah yang menjadi permasalahannya. Menyimpan gula sendiri harus menggunakan trik dan cara yang benar, jika tidak maka siap-siap gula akan menjadi meleleh dan mengeras seperti kristal.


Oke kali ini kita akan membahas sedikit bagaimana cara menyimpan gula merah, di karenakan sifat gula merah memang cukup sensitif di banding gula pasir. Gula merah sendiri sebenarnya di buat dari paduan gula dan santan kelapa yang di olah secara khusus hingga berubah warna dan bentuk menjadi coklat kemerahan. Gula merah sangat rentan terhadap udara lembab, maka hal inilah yang menjadi fokus utama anda dalam menyimpan gula merah. 

Cara paling sederhana adalah anda menyimpan gula merah di dalam sebuah wadah yang memiliki bagian kedap udara / seal, dengan menggunakan wadah ini maka di percaya 60% anda bisa membuat kondisi gula merah menjadi awet dan tahan lama. Selain menggunakan wadah seperti tupperware atau tempat makan, anda juga bisa mengunakan kemasan plastik vakum yang telah di vakum menggunakan mesin vakum sealer.


Dengan menggunakan alat ini maka anda bisa dengan benar-benar menyimpan gula merah dengan aman, karena yang namanya mesin vakum mempunyai kemampuan menyedot dan membuang udara dengan sangat cepat hingga rasion 1-5% sisah udara di dalam plastik. Anda juga bisa menggunakan mesin packing gula profesional jika anda memang sangat hobi menyimpan aneka gula merah sebagai bahan utama memasak anda. 


Cara lainnya adalah meletakkan sepotong roti atau irisan buah apel di atas gula merah, Ini bertujuan untuk melunakkan gula merah saat disimpan. Usahakan untuk menutup rapat gula merah saat disimpan agar terhindar dari semut yang akan berdatangan.


Gula merah adalah pemberi rasa manis pada makanan yang terbuat dari sari pohon aren, Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara menyimpan gula merah yang benar, sehingga seringkali terjadi kesalahan yang menyebabkan gula merah menjadi benyek, bahkan dikerubungi oleh semut. Perlu Anda ketahui, jika daya tahan yang dimiliki gula merah dan gula pasir sangat berbeda. Jika gula pasir memiliki daya tahan yang cukup lama, tetapi tidak untuk gula merah yang memiliki daya tahan sangat sedikit meskipun sudah Anda simpan rapat di dalam kemasan dan plastik.

Cara Menyimpan Gula Merah Supaya Awet Tidak Meleleh

Gula merah tidak akan menjadi keras apabila di wadah penyimpanannya yang terbuka, banyak faktor yang perlu Anda perhatikan saat akan menyimpan gula merah, seperti faktor kelembaban akan menjadi pusat perhatian yang paling utama. Karena, gula akan menggumpal menjadi seperti batu saat kelembaban di dalamnya mulai menguap. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gula merah agar tetap tampak lembut saat disimpan.


Cara menyimpan gula merah supaya awet tidak meleleh adalah :
Pertama, Anda dapat menyimpan gula merah di dalam wadah yang memiliki kedap udara. Dengan begini, Anda dapat meminimalkan penguapan yang terjadi pada gula merah sehingga gula merah akan merasa nyaman saat Anda simpan. Selain itu, wadah yang memiliki kedap udara memiliki fungsi untuk menjaga rasio udara yang ada di dalam gula merah.

Gunakan sarung tangan, meski mengambil gula merah dengan memakai sendok namun Anda harus menjaga kebersihan gula merah, mau tak mau gunakanlah sarung tangan. Jangan menaruh gula merah dalam tas. Lakukan proses menguleni gula merah secara teratur karena ini akan mencegah faktor kelengketan gula merah satu sama lain.

Gunakan gula merah secepatnya, untuk menjaga kesegarannya, cobalah untuk menggunakan gula dalam bulan yang sama atau tepatnya di saat Anda membelinya.

Demikian Cara mudah menyimpan gula merah agar tahan lama, semoga bermanfaat. Jangan lupa share / bagikan ditombol bawah, Terima kasih.

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments