Cara membuat gula merah dari gula pasir daur ulang gula merah - Gula merupakan sembilan bahan pokok kebutuhan rumah tangga yang tak pernah lepas dari sorotan masyarakat. Bagi sebagian teman-teman yang tinggal di daerah perkotaan tentunya jarang sekali melihat orang-orang yang menaiki pohon kelapa. Berhasilnya dan sempurnanya membuat gula merah adalah gula keras tidak lembek serta warna lebih cerah.

Biarpun ada banyak jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, atau gula kelapa, kita bisa mengetahui cara membuat gula merah dari Gula Pasir. Cara membuat gula merah bermacam cara dan bahan campurannya, disini kami akan menyajikan cara membuat gula merah dari gula merah kelapa dan gula pasir. 

Gula Jawa
Gula Jawa Gula ini dibuat dari nira/sari bunga pohon kelapa (batang manggar). Umumnya gula jenis ini berbentuk silinder kecil atau seperti mangkuk kecil karena dicetak dengan batok kelapa. Di beberapa daerah gula ini sering disebut gula merah, kami menyebut sebagai gula Jawa, meskipun bukan hanya orang Jawa yang membuat gula ini

Gula Pasir
Gula Pasir terbuat dari sari tebu yang mengalami proses kristalisasi. Warnanya ada yang putih dan kecokelatan (raw sugar). Karena ukuran butirannya seperti pasir, gula  jenis ini sering disebut gula pasir. Biasanya digunakan sebagai pemanis untuk masakan, minuman, kue atau penganan lain.

Bahan membuat gula merah
1. 30 Kg Gula Pasir
2. 20 Kg Gula Jawa
3. 2 Buah Wajan Besar Wajan (Tempat untuk memasak gula merah)
4. Cetakan
Cara Membuat gula merah :

Membuat Gula Merah Dari Gula Pasir Daur Ulang

Nyalakan kayu bakar terlebih dahulu, persiapkan Gula Jawa dan Gula Pasir untuk di masukan ke dalam wajan.  Masukan Gula Putih / Gula Pasir 30 Kg kedalam Wajan Besar, Gula pasir dipanaskan bersama dengan sedikit air lalu aduk terus sampai gula pasir meleleh. Tunggu hingga Gula Pasir mendidih jadi air atau pastikan gula pasir benar - benar hancur.


Membuat Gula Merah Dari Gula Pasir Daur Ulang

Selanjutnya masukan Gula Jawa 20 Kg, tunggu sampai hancur mencair menyatu dengan gula pasir.


Membuat Gula Merah Dari Gula Pasir Daur Ulang

Aduk hingga hancur mendidih. Perhatikan gula merah di masak sampai kadar air habis bergemulak dan menguning berbusa. Gula merah cair yang belum mengental diaduk cepat dengan arah memutar.  
Setelah gula merah kadar airnya sudah tidak ada, selanjutnya pindahkan ke wajan tanpa api untuk proses pendinginan.

Membuat Gula Merah Dari Gula Pasir Daur Ulang

Tunggu sampai temperatur gula merah turun.


Membuat Gula Merah Dari Gula Pasir Daur Ulang

Setelah temperatur dan warna gula merah berubah karena proses pendinginan, aduk Gula Cairnya hingga benar-benar Kental. Setelah gula cair matang, aduk terus menerus dan di kitit, sambil di kitit tepi wajan.


Perlu diperhatikan, saat mencetak gula merah kadar temperatur gula merah dikisaran 50 -60 derajat celcius. Jadi jangan sampai saat mencetak gula merah sudah dingin.

Demikian tips Cara membuat gula merah dari gula pasir daur ulang gula merah  semoga bermanfaat dan berhasil.

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments