Cara membuat warna gula merah bagus - Gula merah biasanya berwarna merah, kuning atau kecokelatan. Salah satu jenis gula merah  gula jawa yang banyak dicari dan paling laku dipasaran adalah gula merah berwarna cerah. Sebagai calon pembeli biasanya yang pertama dilihat adalah warna, lalu harga.

Warna gula merah yang cerah dan harga yang lebih murah pastinya menjadikan gula merah laku dipasaran entah gula merah murni/asli petani atau gula merah masakan/campuran daur ulang gula merah. Untuk gula merah yang dibuat dari nira kelapa cukup menggunakan obat gula, semakin banyak obat gula maka kemungkinan warna cerah semakin besar.

Namun perlu diperhatikan jumlah kadar antara obat gula dengan jumlah adonan nira kelapa. Bagi para pengrajin gula merah olahan yang diproduksi dari gula bs/gula tebu dan gula pasir berikut tips agar warna gula merah lebih cerah:

Alat

2 wajan Kayu yang ujungnya pipih untuk mengaduk Gayung besar/panci untuk memindahkan gula dari wajan 1 ke wajan 2

Bahan
Bahan yang digunakan untuk campuran gula merah bs/gula tebu Air untuk campuran gula pasir dengan gula merah bs/gula tebu minimal 3 gayung dan maksimal 7 gayung tergantung volume wajan/tempat memasak Jumlah antara gula pasir dengan gula merah bs/gula tebu, kami merekomendasikan 1:1 perbandingan

Cara pengolahan
Masukan air secukupnya dan gula pasir, aduk hingga gula pasir benar-benar hancur menjadi air. Tunggu sampai busa naik dan turun atau menandakan campuran sudah lebur. Kemudian masukan gula jawa bs/gula tebu, agar cepat lebur usahakan pengapian diperbesar sampai gula jawa bs/gula tebu benar-benar hancur lebur menjadi air gula.

Membuat Warna Gula Merah

Membuat Warna Gula Merah

Untuk mempertahankan warna gula merah tetap terjaga, kecilkan pengapian disaat kadar air dalam adonan mencapai 10% atau kadar air akan habis.

Membuat Warna Gula Merah

Membuat Warna Gula Merah

Angkatlah/adonan dengan gayung besar/panci gula merah dari wajan 1 ke wajan 2, aduklah dengan mengutamakan sisikan ke permukaan wajan bagian atas menggunakan kayu yang ujungnya pipih. Lakukan sampai gula mengental kisaran 70 derajat lalu cetak.

Demikian Cara membuat warna gula merah bagussemoga bermanfaat.

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments